Peringati HSN: Pemkab Bireuen Berikan Beasiswa Santri dan Hafiz

Foto: Mulyadi SH, Asisten I Pemkab Bireuen bertindak sebagai Inspektur upacara Peringatan Hari Santri (22/10) 

BIREUEN - Pemerintah Kabupaten Bireuen menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-9 tahun 2024 di halaman Pendopo Bupati, Minggu (22/10/2024). Upacara tersebut dipimpin oleh Asisten I Pemkab Bireuen, Mulyadi SH MSi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dayah Bireuen, dengan melibatkan santri dan santriwati dari berbagai dayah dan pesantren di Kabupaten Bireuen. Dalam kesempatan ini, Mulyadi membacakan sambutan tertulis dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Tema HSN 2024 mengangkat “Jihad Santri Jayakan Negeri,” yang menggarisbawahi makna jihad dalam Islam sebagai perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri. Mulyadi mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dalam memajukan bangsa.

“Hari Santri adalah momentum untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini. Santri harus menjadi contoh dalam menjunjung nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan,” ujarnya. Ia menekankan pentingnya pendidikan dan kesadaran sosial sebagai bagian dari tanggung jawab santri.

Selain upacara, kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan insentif kepada 157 pimpinan dayah dan 806 guru dayah, serta beasiswa bagi 1.000 santri miskin berprestasi dan beasiswa untuk santri Hafiz Al-Qur’an. Mulyadi berharap, peringatan ini menjadi titik awal untuk meningkatkan semangat dan kontribusi positif bagi agama, bangsa, dan negara.(MI) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak