DPMG PKB Bireuen Tinjau Kemajuan Bumdesa di Gandapura

Foto: Tinjauan Tim TAPM ke Bumdesa di Gampong Lingka Kuta dan Gampong Lapang Timu Kecamatan Gandapura (17/10) 

BIREUEN | REAKSINEWS.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Bireuen melakukan kunjungan kerja ke sejumlah desa di Kecamatan Gandapura untuk meninjau perkembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa). 

Tinjauan Bumdesa ke dua Gampong berlangsung, Kamis, 17 Oktober 2024, dengan melibatkan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Bireuen (TAPM) Kementerian Desa, dihadiri para pedamping Desa Kecamatan dan pedamping lokal desa masing-masing. 

Koordinator Bidang Ekonomi Sosial Budaya Masyarakat DPMG PKB Bireuen, Amirullah SE, bersama timnya memonitor perkembangan keuangan Bumdesa di Gampong Lingka Kuta dan Lapang Timu. Menurut Amirullah, kedua desa telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pengelolaan keuangan Bumdesa.

"Desa Lingka Kuta aktif dalam pengembangan pariwisata melalui Bumdes Pintu Laot. Laporan keuangannya juga sudah baik. Kami akan terus memantau dan memberikan bimbingan, terutama saat aplikasi pelaporan Bumdesa sudah aktif," ungkap Amirullah.

Sementara itu, Keuchik Lapang Timu, Muhammad Junaidi, menjelaskan bahwa Bumdesa mereka, Sepakat Jaya, telah mulai beroperasi dengan fokus pada penyewaan lima unit rumah. "Kami sudah memperoleh sekitar 40 juta PAG di tahun 2024 dan saat ini sedang dalam proses pengurusannya," jelasnya.

Kunjungan ini dihadiri oleh tim DPMG Bireuen, TAPM Kementerian Desa Kabupaten Bireuen, pendamping lokal desa, serta pengurus Bumdesa setempat. TAPM Zulfikar SE menambahkan, "Jika Bumdesa sudah produktif dan memiliki produk unggulan, kami akan mendaftarkannya dalam katalog Kementerian Desa untuk promosi lebih lanjut."(MI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak