Bumdesa Blang Keudee Gandapura Bangun Rumah Sewa

Foto: Bumdesa Blang Keudee Gandapura menambah unit usaha rumah sewa (19/10).

BIREUEN | REAKSINEWS.ID - Pada hari Sabtu, 19 Oktober 2024, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Karya Bersama Blang Keudee Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, melaksanakan pengukuran dan peletakan batu pertama pembangunan rumah sewa di desa setempat.

Pengukuran dan peletakan batu pertama dihadiri, Keuchik Blang Keudee Munzir Taib, didampingi oleh pendamping lokal Muhammad Idris dan Ketua BUMDesa Zainun M. Ali. Proses tersebut disaksikan oleh Tuha Peut setempat.

Munzir Taib menjelaskan bahwa BUMDesa Karya Bersama telah mengelola dua unit ruko dan satu unit rumah sewa selama tiga tahun. "Untuk tahun 2024, kami menambah modal untuk rekonstruksi satu unit rumah sewa guna meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG). 

Sejak berdiri pada tahun 2016, BUMDesa kami rata-rata menghasilkan lebih dari 10 juta per tahun, dan jika digabung dengan pendapatan lain, totalnya bisa mencapai 60 juta lebih," ujarnya.

Keuchik juga menjelaskan kondisi demografi Desa Blang Keudee, yang dihuni oleh 130 Kepala Keluarga (KK), sebagian besar berprofesi sebagai petani dan pedagang, serta sedikit yang merupakan aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu, Munzir menunjukkan kepada wartawan pembangunan Saung Tani, sebuah balai desa yang sedang dibangun di hamparan sawah dengan akses air untuk irigasi. Bangunan ini merupakan hasil kesepakatan warga dalam musyawarah pembangunan, dan dananya berasal dari alokasi desa untuk ketahanan pangan sesuai dengan aturan Kementerian Desa yang mengharuskan 20% dari dana desa dialokasikan untuk sektor ini.

"Alhamdulillah, Saung Tani ini akan dimanfaatkan oleh semua kelompok tani di desa. Jadi, tidak hanya petani lokal yang bisa memanfaatkan, tetapi juga kelompok tani dan lembaga lain," tambahnya.

Ketua BUMDesa Blang Keudee, Zainun M. Ali, menambahkan, "Kami sudah memiliki dua unit ruko yang disewakan untuk usaha potong rambut dan air isi ulang. Dengan pembangunan rumah sewa ini, diharapkan dapat meningkatkan lagi Pendapatan Asli Gampong," tutup Zainun.(**) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak