Pemilihan Tuha Peut Blang Kuthang: Muchsin Raih Suara Terbanyak

Foto: Pemilihan Tuha Peut Gampong Blang Kuthang Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen (5/9) 

BIREUEN | REAKSINEWS.ID - Pemilihan Tuha Peut Gampong Blang Kuthang yang dilaksanakan pada Kamis (5 September 2024) berlangsung dengan sukses di halaman meunasah gampong setempat. 

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan berlangsung dalam suasana yang tertib dan aman.

Pemilihan kali ini melibatkan empat unsur masyarakat: tokoh adat/cendekiawan, tokoh agama, pemuda, dan perempuan. 

Sebanyak sembilan calon bersaing untuk posisi Tuha Peut, yaitu Muchsin dan Zubir (tokoh adat/cendekiawan), Arizal dan M. Isa (tokoh agama), M. Chairul Amna, M. Yusuf, dan M. Nur (pemuda), serta Rusliah dan Ismawati (tokoh perempuan).

Hasil pemilihan menunjukkan, Muchsin meraih (memperoleh) suara terbanyak dengan 147 suara, diikuti oleh M. Isa dengan 144 suara, M. Nur dengan 110 suara, dan Rusliah dengan 158 suara. 

Sementara Arizal mendapatkan 105 suara. Calon lainnya, Zubir, M. Yusuf, M. Chairul Amna, dan Ismawati masing-masing memperoleh 76, 39, 76, dan 62 suara.

Acara ini juga dihadiri oleh Camat Makmur, Muchsin, S.Ag, beserta rombongan, Danramil, anggota Polsek, dan perangkat Gampong Blang Kuthang. 

Dalam sambutannya, Camat Makmur berharap agar Tuha Peut yang terpilih dapat mewakili seluruh unsur masyarakat dan menjalankan tugasnya dengan baik. "Peran Tuha Peut sangat menentukan dalam gampong," ujar Muchsin, S.Ag.

Keuchik Gampong Blang Kuthang, Fakhrizal, juga mengingatkan pentingnya memilih Tuha Peut yang mampu mewakili semua aspirasi masyarakat dan menjaga amanah yang diberikan. Ia mengapresiasi kelancaran dan keamanan pemilihan.

Ketua panitia, Muhammad Fadil, menegaskan bahwa Tuha Peut terpilih mewakili empat unsur penting masyarakat, yaitu pemuka agama, cendekiawan, pemuda, dan tokoh perempuan.

Dari total 425 pemilih di Gampong Blang Kuthang, sebanyak 240 orang hadir memberikan suara, mencerminkan partisipasi yang tinggi dalam pemilihan ini.(Is)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak