Kejari Bireuen Peringatan Hari Lahir Ke-79 Kejaksaan Republik Indonesia

Foto: Upacara Peringatan HUT Kejaksaan ke 79 di Kejari Bireuen, Aceh (2/8) 

BIREUEN | REAKSINEWS.ID - Dipimpin, Munawal Hadi SH MH, Kejari Bireuen menggelar upacara peringatan Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia ke-79, Senin (2 September 2024) 

Dipimpin, Munawal Hadi, S.H., M.H sebagai Inspektur." Upacara diikuti para Kasi, Kasubbag, Kasubsi, jaksa fungsional, pegawai, anggota IAD Daerah Bireuen, serta PPNPN di lingkungan Kejaksaan Negeri Bireuen. 

Dalam upacara di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Bireuen, Munawal Hadi membacakan amanat Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin. 

Dalam amanat tersebut, Jaksa Agung menekankan tema peringatan tahun ini," Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat Generaal.

" Tema ini mencerminkan komitmen Kejaksaan dalam menjaga kedaulatan hukum dan perannya sebagai Advocaat Generaal.


Foto: Kajari Bireuen, Munawal Hadi SH MH, memotong Nasi Tumpeng HUT ke 79 Kejaksaan RI (2/8) 

Peringatan hari lahir Kejaksaan kali ini merupakan yang pertama kali digelar setelah Keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023 menetapkan tanggal 2 September 1945 sebagai hari lahir Kejaksaan. 

Penetapan ini melalui penelitian mendalam oleh ahli sejarah yang bekerja sama dengan Kejaksaan, termasuk pengumpulan arsip-arsip nasional dari dalam dan luar negeri, terutama Belanda.

Jaksa Agung menegaskan." Kedaulatan penuntutan adalah prinsip fundamental dalam sistem peradilan pidana di Indonesia. 

Kejaksaan memiliki wewenang eksklusif untuk melakukan penuntutan, menjamin kesatuan tindakan, dan mencegah penyalahgunaan wewenang dalam penuntutan.

Selain sebagai penuntut umum tertinggi, Kejaksaan juga berfungsi sebagai Pengacara Negara. Selama 79 tahun keberadaannya, Kejaksaan Republik Indonesia telah menunjukkan dinamika dan transformasi yang signifikan dalam penegakan hukum. 

Dalam lima tahun terakhir, Kejaksaan memperoleh apresiasi dari masyarakat atas capaian-capaian signifikan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga penegak hukum terpercaya.(**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak