Lestarikan Seni: DKA Gelar Festival Rapa'i Bireuen Meuseuraya

Foto: Pj Bupati, Jalaluddin SH MM Membuka Festival Rapa'i Bireuen Meuseuraya (24/8) 

BIREUEN | REAKSINEWS.ID - Festival Rapai Bireuen Meuseuraya 2024 resmi dibuka oleh Pj Bupati Bireuen, Jalaluddin, SH., MM, Minggu (25 Agustus 2024). 

Festival Rapai Bireuen Meuseuraya diprakarsai Dewan Kesenian Aceh (DKA) dan berlangsung di Lapangan Sepak Bola, Desa Pulo Kiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, pada 24-25 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Jalaluddin mengungkapkan, "Pemerintah Kabupaten Bireuen menyambut baik pelestarian seni budaya Aceh melalui Festival Rapai yang diprakarsai Dewan Kesenian Aceh. 

Semoga festival ini menjadi langkah awal untuk menjaga agar seni budaya Rapai tetap eksis dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman." Pj Bupati Bireuen Berharap. 

Ketua DKA Kabupaten Bireuen, H. Mukhlis, ST, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama seniman, budayawan, dan masyarakat, yang telah mendukung suksesnya rangkaian kegiatan hingga puncak pembukaan festival.

Mengusung tema "Membangun Peradaban Ekosistem Berkesenian dan Berkebudayaan di Bawah Bendera Kabupaten Bireuen," Festival Rapai Bireuen Meuseuraya diikuti oleh 17 grup mewakili 17 kecamatan di Kabupaten Bireuen. 

Dengan total hadiah sebesar Rp 26 juta, festival ini menampilkan berbagai pertunjukan seni rapai dari seluruh daerah.

Pembukaan festival dihadiri oleh Forkopimda, SKPK, Forkopimcam, seniman dan budayawan, serta para tokoh dan tamu undangan. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak