Tgk Hanafiah: Tujuan dan Hikmah Penyembelihan Qurban

Liputan: Muhammad Idris

Foto: Tgk. Hanafiah, S.Ag, MA, Khatib Jumat di Mesjid Jami' Al-Munawwarah, Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen, (21/6).

BIREUEN|REAKSINEWS.ID - Bertindak sebagai Khatib Jumat di Mesjid Jami' Al-Munawwarah, Tgk.Hanafiah, S.Ag, MA uraikan tujuan dan hikmah menyembelih hewan Qurban kepada jamaah dari Gampong Ulee Jalan dan Blang Coet Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen, Jumat (21 Juni 2024).

Mengangkat judul" Mengenang Peristiwa Penyembelihan Qurban". Tgk.Hanafiah,S.Ag.MA dalam uraian khutbah jumat menyebutkan, ada dua hal penting yang perlu diingat dan kita kenang dalam penyembelihan hewan Qurban, 

Pertama, setiap orang tua selalu mendoakan dan mendidik anaknya menjadi anak yang shaleh serta berbakti pada orang tua,.

Sebagaimana dilakukan Nabi Ibrahim as yang tidak pernah bosan selama bertahun - tahun berdoa supaya Allah menganugerahkan anak yang shaleh, 

Nabi Ibrahim senantiasa membacakan doa "Rabbi Habli Minasshalihin" Dengan maksudnya, ya Allah berikan kepadaku anak yang shaleh".

Kedua, melalui penyembelihan qurban niscaya akan mengikat kecintaan dan hubungan antara ummat manusia kepada Allah yaitu" Hablumminallah" 

Dan meningkatkan nilai ketaqwaan kepada Allah, seperti dalam firman Allah" bukanlah darah dan daging yang sampai kepada Allah, melainkan ketaqwaan diantara kamu". Ungkap Tgk Hanafiah. 

Semoga dengan berqurban tentunya akan bertambah cinta dan taqwa diantara kita semua kepada Allah SWT, dengan harapan dimasukkan ke Syurga Jannah,

Sementara disisi lain juga, dengan ibadah qurban seiring mengikat hubungan sesama ummat manusia " Hablumminannas" yang sudah barang tentu mengikat persaudaraan terutama lingkungan fakir miskin dan anak yatim, sebutnya. 

Kepada segenap Jama'ah Jum'at Tgk Hanafiah menitipkan pesan, tentunya kita semua tidak bosan - bosan berdoa dengan penuh keikhlasan dan niscaya dikaruniai anak-anak yang shaleh, 

Dan menjadi harta penggiring menuju Syurga melalui hewan Qurban yang kita sembelih, senantiasa dekat dengan Allah dan hikmah kasih sayang sesama ummad Islam, Tgk Hanafiah berpesan. 

Sebagaimana diketahui, Mesjid Jami' Al-Munawwarah membawahi jamaah dari dua Gampong yaitu, Desa Ulee Jalan dan Desa Paya Coet, Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen. (MI) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak