Peduli Lingkungan: HIMABIGI Unsam Langsa Gelar Aksi Bersih di Pantai Pelangi

Reaksinews.id | Aceh Timur - Peduli terhadap lingkungan kawasan wisata, HIMABIGI (Himpunan Mahasiswa pendidikan Biologi) UNSAM Menggelar"Aksi"bersih pantai pelangi Matang Rayeuk Aceh Timur, Minggu (21 November 2021)

Wakil Ketua HIMABIGI, Nazira menyampaikan, kegiatan Baksos (Bakti Sosial) digelar sebagai bentuk kepedulian mahasiswa UNSAM, terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat sampah, terutama sekali dilingkungan tepi pantai.
 
Baksos dalam bentuk pembersihan pantai digelar dari pukul 10:00 hingga 12:00 Wib dengan melibatkan masyarakat desa setempat, pengelola pantai dan mahasiswa UNSAM. Memilih Pantai Pelangi sangat beralasan karena, Pesatnya pertumbuhan wisatawan menjadikan kawasan pesisir sebagai tempat pengumpulan sampah, terutama sampah pastik dan sekaligus merupakan program kerja para mahasiswa, ujar Nazira

Disebutkan Nazira"Lingkungan yang kotor membahayakan kesehatan warga pesisir dan membuat pantai tidak menarik. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengapdian ini, mahasiswa pendidikan biologi termotivasi untuk mengajak Pengelola pantai dan warga sekitar  lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah.

"Kegiatan bersih pantai ini dilakukan dengan melibatkan 3 kelompok terdiri dari Organik, Anorganik dan Residu menurut kelompok kerja masing-masing yang tersebar di beberapa lokasi. Pembagian tugas dilakukan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan juga dapat mempersingkat waktu kerja, Ungkap Nazira.

Masih Nazira, Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan, Mahasiswa Pendidikan Biologi termotivasi dapat mengajak Pengelola pantai pelangi dan warga sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ekosistem laut dengan membersihkan pantai dari tumpukan sampah.

Kegiatan bersih pantai ini dilakukan menurut kelompok kerja masing-masing dan tersebar di beberapa lokasi, pembagian tugas tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan juga dapat mempersingkat waktu kerja,

Sampah dari hasil kegiatan aksi bersih kawasan pantai hari ini, Sabtu (20/11) dominannya berupa plastik diantaranya, plastik seperti sedotan, popok bayi, wadah makanan, minuman dan sendok plastik. Sebagian besarnya ditemukan telah berkondisi"Rapuh dan mudah hancur, bahkan ada yang sudah menjadi butiran plastik lebih kecil sebagaimana dikenal mikroplastik.

Tujuan dari kegiatan digelar sebagai bentuk"Aksi"nyata mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat yang berlibur di Pantai Palangi merasa lebih nyaman karena kondisi pantai lebih bersih,

Dalam Aksi tersebut turut dihadiri diantaranya, Dosen pendidikan Biologi, Dini Fitria S.Pd, M.Pd,  mewakili Koordinator Pendidikan Biologi dan penyampaian Materi menyangkut lingkungan oleh dosen pendidikan biologi, Ayu Wahyuni S.Pd, M.Pd, Mahasiswa, Masyarakat, selain pengusaha pantai Pelangi, Wakil Ketua HIMABIGI UNSAM menuturkan (Wira)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak