Kuah Beulangeong: Warnai Peringati Maulid Nabi Gampong Bandar Bireuen

Reaksinews.id | Bireuen - Penyelenggaraan Maulidurrasul SAW Tahun 1443 H oleh Masyarakat Gampong Bandar Bireuen   Kecamatan kota juang Kabupaten Bireuen berlangsung lancar, minggu (21 November 2021).

Keuchik, Bandar Bireuen Adnan Adam saat di jumpai Reaksinews.id menjelaskan, “Khanduri Mulod” sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dilaksanakan  warga Bandar Bireuen sebagai memperingati Hari Kelahiran Penghulu Alam Rasulullah SAW yang telah berhasil mengantarkan umatnya dari alam Jahiliyah kealam Islamiyah yang penuh beperadaban.

Dikatakan, persediaan makanan khanduri  Mulod dipersiapkan dari sedekah warga Bandar Bireuen berikut kuah beulangong  untuk melayani jamuan makan siang ribuan warga masyarakat Bandar Bireuen dan sekitarnya  yang diawali jamuaan makan siang kepada anak yatim Bandar Bireuen dan sekitarnya.

Jamuan makan siang ribuan undangan masyarakat Bandar Bireuen dan sekitarnya dilaksanakan usai penyerahan bingkisan kepada 25 anak yatim, berkat kerjama panitia Maulid dilayani dengan baik dan memuaskan warga masyarakat.

Keuchik, Adnan Adam saat di jumpai  mengatakan terlaksananya acara kenduri Maulidurrasul Tahun ini semata-mata karena kekompakan antara Pemerintahan Gampong bersama masyarakat dan sejumlah lembaga seperti Tuha 4, Tuha 8, PKK, Kepemudaan dan seluruh toko toko yang ada di kota.

Adapun hidangan makanan dimaksud berasal dari shadaqah murni masyarakat Bandar Bireuen, yang  dalam memeriahkan peringatan Kelahiran penghulu alam, Nabi Besar Muhammad SAW.

Untuk ritualnya sendiri acara diwarnai lantunan Zikir dan Shalawat oleh Group "Dike" Gampong setempat beranggotakan belasan anak-anak mengagungkan asma ALLAH SWT dan Rasulullah Muhammad SAW.

Lanjut Keuchik Adnan guna memperkuat syiar Islam pihaknya juga akan mengadakan Dakwah Islamiah pada malam harinya yang menghadirkan seorang penceramah kondang di Aceh yang berasal dari Juli bernama Tgk. Saifuddin dari kecamatan juli kabupaten bireuen

"Begitupun dalam memperkuat syiar Islam dan mengiringi keberkatan di Gampong Bandar Kota insya ALLAH akan kita adakan Dakwah Islamiah dengan menghadirkan pembicara tunggal atau Penceramah yaitu Tgk SAIFUDDIN insya allah nantik malam di laksanakan di meunasah Bandar Bireuen Kecamatan Kota Juang," ungkap Keuchik. (Ipul Sj)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak